Headlines News :
Home » » Puluhan Buruh Unjuk Rasa di Kantor Disnakertrans

Puluhan Buruh Unjuk Rasa di Kantor Disnakertrans

DURI - Puluhan buruh yang berasal PT Baker & Hughes dan Halliburton Indonesia melakukan unjuk rasa di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bengkalis di Jalan Sudirman Kota Duri, Senin (22/10) sekitar pukul 09.00 WIB.

Aksi unjuk rasa yang berlangsung damai mendapatkan pengawalan ketat aparat kepolisian dari Polsek Mandau, Polres Bengkalis dan Satlantas Polres Bengkalis. Puluhan buruh tersebut menuntut Disnakertrans menindak perusahaan-perusahaan nakal di Kota Duri.

Demikian hal itu dikatakan, Koordinator aksi Ketua DPC FPE SBSI Bengkalis Gindo Lubis, kepada kabarduri.com, Senin (22/10), bahwa pihak perusahaan Halliburton dan Bakers & Hughes memperkerjakan kembali karyawan yang sudah dirumahkan (PHK,red) secara sepihak.

"Sebanyak 37 karyawan PT Baker & Hughes dan 6 karyawan PT Halliburton telah di PHK sepihak oleh perusahaan masing-masing. Kita menuntut perusahaan memperkerjakan kembali karyawan yang telah di PHK sepihak," jelasnya saat melakukan diskusi terbuka dengan Kepala Disnakertrans Bengkalis Hermizon.

Dirinya juga menjelaskan, PHK ini telah melanggar peraturan dan undang-undang tenaga kerja. Saat ini, para karyawan meminta kejelasan dan ketegasan dari pihak Disnakertrans Bengkalis dalam menyelesaikan permasalahan ini.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Kabupaten Bengkalis H Hermizon sangat menyesalkan tindakan managemen PT Baker & Hughes dan Halliburton yang tidak punya itikat baik menyelesaikan permasalahan PHK terhadap puluhan karyawan tetapnya tersebut.

"Belum lagi selesai masalah ini, mereka terima karyawan baru, melalui PT Supraco. Berarti niatnya mau ganti baru, bukannya cari solusi," ujarnya.

Pihaknya, sebut Hermizon sudah menganjurkan kepada PT Baker & Hughes untuk mempekerjakan kembali karyawan tersebut. " Namun mereka bersikeras tetap mengikuti proses di PHI Pekanbaru. Kita mau bilang apa," ungkapnya. (ainun)

Foto : Puluhan karyawan Halliburton dan Baker & Hughes saat melakukan aksi demo di Kantor Disnakertrans Bengkalis di Kota Duri, Senin (22/10).
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Kabar Duri - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger