Headlines News :
Home » » Dewan Minta Incenerator Mandau Digunakan Kembali

Dewan Minta Incenerator Mandau Digunakan Kembali

DURI - Jangan biarkan Incenerator yang dibeli dengan uang rakyat menjadi besi tua. Fungsikan dan kelola incenerator sesuai tujuan awal dibangunnya mesin pembakar sampah itu. Proyek pengelolaan sampah moderen kalau belum rampung pembangunannya harus diberesin agar dapat difungsikan, sehingga dapat dimanfaat untuk mengelola sampah Kota Duri, kata Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Bengkalis, H Arwan Mahidin Rani kepada kabarduri.com, Senin (5/11).

Pemkab Bengkalis melaui Dinas yang mengurusi sampah harus memberdayakan incenerator. Pemda Kabupaten Bengkalis sebelumnya sudah merencanakan pengelolaan sampah Kota Duri dengan matang. Karena itu incenerator dibeli dan dudukannya dibangun sedemikian rupa. Dengan incenerator itu sampah dapat dikelola dengan baik. Tidak menumpuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) setelah diangkut dari Kota Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis.

Jadi, kelola kembali incenerator TPA Duri, jelasnya. Soal pengelolaan sampah moderen pembangunannya harus dirampungkan. Pemkab Bengkalis harus menjelaskannya kepada publik. Apa proyek itu sudah selesai. Kalau sudah selesai fungsikan dan manfaatkan sesuai tujuan awal. Sampah dikelola bisa menghasilkan pupuk kompos sehingga dapat bermanfaat bagi masayarakat khususnya yang memiliki pekerjaan petani kebun, imbaunya.

Seperti dilansir kabarduri.com kemarin, incenerator pembakar sampah peninggalan Bupati Bengkalis, Drs H Syamsurizal MM dibiayai oleh APBD Kabupaten Bengkalis nilai proyeknya mencapai Rp 9 miliar. Karena tidak difungsikan saat ini incenarotor jadi besi tua, dudukan mesin dari semen dan atap sudah rusak bak diterjang angin puting beliung.

Sementara proyek pengelolaan sampah moderen yang dibangun sejak tahun 2010 dan tahun 2011 lalu tidak jelas apakah sudah selesai pembangunannya ataukah masih mangkrak. Faktanya pada tahun 2012 ini proyek itu pengerjaannya tidak dilanjutkan. Kalau sudah selesai belum difungsikan.Saat Posmetro menjambangi TPA Kolam 1 hanya puluhan pipa paralon putih berdiri didasar kolam dikelilingi sampah. Kolam 2 didalam disekat beberapa kolam kecil hanya berisi air hitam aromanya busuk. (fely)
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Kabar Duri - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger