Headlines News :
Home » » 800 KK Dusun Sumber Rejo dan Bangun Sari Dambakan Listrik

800 KK Dusun Sumber Rejo dan Bangun Sari Dambakan Listrik



DURI - Sebanyak 800 kepala keluarga (KK) yang berada di Dusun Sumber Rejo, Desa Harapan Baru, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis berharap menikmati listrik tahun ini. Hal tersebut disampaikan Kepala Desa (Kades) Harapan Baru M Muchrim Jambang, bahwa akhir tahun 2012 ini di Dusun Sumber Rejo dan Bangun Sari sudah bisa menikmati arus listrik PLN.

Menurut Jambang, PLN tahun ini membangun jaringan sepanjang lima kilometer dari KM 8 Jalan Gajah Mada Talang Mandi menuju dua dusun di Desa Harapan Baru. "Saat ini semua tiangnya sudah terpancang. Hanya saja kabelnya belum terpasang," kata Jambang.

Ditambahkannya, sekitar 800 KK warganya di dua dusun tersebut sangat mendambakan listrik sejak lama. Karena itu dia berharap PLN bisa menggesa penuntasan proyek pemasangan jaringan kabel tersebut. "Harapan kita dan masyarakat banyak, akhir tahun ini listrik sudah bisa nyala dan dinikmati masyarakat," papar Jambang kepada kabarduri.com, Selasa (23/10).

Diakui Jambang, kalau proyek ini tuntas, inilah kali pertama warga Desa Harapan Baru menikmatri arus listrik PLN. Selama ini kebutuhan listrik warganya sangat tergantung pada listrik dari genset. Dulu, sambungnya lagi juga ada PLTD di Harapan Baru. Namun kini sudah tak bisa dipakai lagi karena barangnya sudah jadi rongsokan.

Diluar itu katanya, masih ada pula 100 unit pembangkit listrik tenaga surya bantuan pemerintah untuk warga di Dusun Makmur saja. "Kalau proyek listrik PLN ini jadi, maka baru sebagian dari warga kita yang akan menikmati listrik PLN. Sementara seluruh warga kita di desa ini mencapai 1.911 KK," ucap Jambang.

Menanggapi harapan Kades dan warga masyarakat Desa Harapan Baru, Manajer PLN Rayon Duri Ir Tri Haryanto terpisah kepada kabarduri.com kemarin mengaku, proyek pembangunan jaringan di Desa Harapan Baru itu dananya berasal dari APBN tahun anggaran 2012. Menurutnya, program listrik desa dari pemerintah pusat itu diserahkan kepada PLN pelaksanaannya.

"Kita optimis, mudah-mudahan akhir tahun ini sudah terealisasi. Kan tiang-tiangnya sudah terpasang. Tinggal memasang jaringan kabel. Calon pelanggannya belum ada yang mendaftar. Tentu harus menunggu jaringannya selesai terlebih dulu. Namun demikian, potensinya besar. Ada lebih kurang 800 KK warga yang berpotensi jadi pelanggan. Mayoritas di Desa Harapan Baru dan sebagian lagi di Kelurahan Talang Mandi," kata Tri.

Mengenai kendala, sejauh ini menurut Tri, tidak ada masalah terlalu berarti di lapangan. "Mungkin nanti yang akan menjadi masalah adalah pohon dan tanaman penduduk yang bakal terkena jaringan PLN. Untuk Desa Harapan Baru tidak ada masalah. Sementara di Talang Mandi mungkin bakal ada sedikit masalah. "Kalau ternyata ada masyarakat yang tak setuju tanamannya ditebang, bisa jadi tiangnya kita alihkan ke tempat lain," tutup Tri. (fely)

Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Kabar Duri - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger